Sabtu, 13 Agustus 2011

Sistem Peredaran Darah Ikan Koi

0 komentar

Darah tidak hanya membawa oksigen tapi banyak unsur penting lain diseluruh tubuh. Darah mengumpulkan kotoran ketika melakukan proses sirkulasi. Limbah dalam darah disaring limfa dan ginjal. di dalam darah adah juga sel seperti limfosit yang berfungsi meningkatkan respon kekebalan untuk mencegah ikan terjangkit penyakit yang secara khusus disebabkan virus.

Banyaknya sel dan berbagai unsur dalam darah ikan bervariasi jika dibandingkan kandungan darah dari hewan lain. Hidup di air memberikan resiko berbeda dengan hewan yang hidup di darat. Air dapat masuk dari mana saja, seperti luka dan menyebabkan ginjal kelebihan beban, bisa juga sebaliknya di mana cairan seperti darah keluar dari tubuh. keduanya bisa mengancam kehidupan ikan.

Trombosit adalah salah satu unsur penting dalam darah. Di daerah yang terluka atau cidera sel-sel ini melakukan fungsi pembekuan untuk mencegah ikan kehilangan lebih banyak cairan. Tingkat pembekuan yang cepat penting dalam kehidupan di air tetapi bervariasi berdasarkan spesies ikan. Trombosit dalam darah ikan tidak seperti pada manusia tetapi memiliki fungsi lebih menyerupai trombosit dalam darah mamalia.

Eritrosit adalah salah satu sel darah merah yang ditemukan di dalam darah vertebrata. Eritrosit berfungsi membawa oksigen dalam pigmen hemoglobin melalui pembulu arteri. berkat pengaruh kandungan oksigen darah akan berwarna merah terang, sedangkan darah pada pembuluh yang berwarna lebih gelap mengindikasikan oksigen telah terkirim ke bagian tubuh yang membutuhkan.


Salam : CitraJevan
Sumber : Koi.S Magazine Vol III hal 42 Tahun 2011

0 komentar:

Posting Komentar